PENGERTIAN
HADIS DAN BENTUK SANDARANYA
A.
Pengertian ‘Ulumul Hadis
Ulumul
Hadis adalah istilah Ilmu Hadis di dalam tradisi Ulama` Hadis. terdiri
atas dua kata, yaitu `Ulum dan al Hadits. Kata `Ulum (علوم ) adalah bentuk jamak dari `Ilm, (علم ), Artinya “ilmu-ilmu”; menurut Ibnu Hajar[1],
Ulumul hadis adalah :
عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ عَنْ كَيْفِيَةِ اتَّصاَلِ الأَحَادِيْثِ بِالرَّسُوْلِ ص.م. مِن ْ حَيْثُ مَعْرِفَةِ اُحْوَالِ رَوَّاتِهاَ ضَبْطَا وَعَدًالةً وَمِنْ حَيْثُ كَيْفِيَةِ السَّندِ اتَّصاَلاً وَانْقِطاَعاً.
“Ilmu
pengetahuan yang membicarakan tentang cara-cara persambungan hadis sampai
kepada Rasul SAW. Dari segi hal ihwal para perawinya, kedabitan, keadilan, dan
dari bersambung tidaknya sanad, dan sebagainya.
عِلْمُ
الْحَدِيْثِ هُوَ مَعْرِفَةُ الْقَوَاعِدَ الَّتِيْ يَتَوَصَّلُ بِهَا إِلَى
مَعْرِفَةِ الرَّاوِي وَالْمَرْوِي
“Ilmu
hadits adalah pengetahuan mengenai kaidah-kaidah yang menghantar-kan kepada
pengetahuan tentang rawi (periwayat) dan marwi (materi yang diriwayatkan).”
B.
Pengertian Hadis
Secara
bahasa (etimologis) Hadis artinya al Jadid (yang baru) antonim
dari kata al Qadim (yang lama) dan al akhbar atau berita. Bentuk
jama’nya adalah al-ahadist, al-haditsan dan al-hudtsan. Menurut istilah
(terminologis) Hadis sebagaimana diartikan oleh Muhammad Bin Shalih Al
‘Utsaimin[2], adalah
:
الحديث
: ما أُضِيْفَ إلى النَّبِيِّ صلي الله عليه وسلم مِنْ قَولٍ أو فِعْلٍ أو تَقْرِيرٍ أو صِفَةٍ
“segala
sesuatu yang di sandarkan kepada Nabi SAW dari perkataan, perbuatan, taqrir,
atau sifat.”
Berdasarkan
definisi tersebut, maka yang termasuk katagori hadis adalah : Hadis
Qauli (Sabda Nabi) Hadis Fi’li ( Perbuatan Nabi) Hadis Taqriri (Ketetapan Nabi terhadap apa yang dilakukan
oleh para Shahabatnya). Dan Hadis Ahwali (Hadis yang menyangkut sifat dan
kepribadian serta keadaan fisik Nabi Saw).
Hadis
Qauli yaitu sabda Nabi Muhammad Saw. yang pernah diucapkan dalam berbagai
bidang, baik bidang hukum, akhlak, akidah, pendidikan, dan sebagainya. Contoh sabda Nabi yang menjelaskan bahwa setiap
sahnya suatu amal berdasarkan atas niatnya[3]
:
حَدَّثَنَا
الْحُمَيْدِيُّ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ الزُّبَيْرِ، قَالَ: حَدَّثَنَا سُفْيَانُ،
قَالَ: حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ الْأَنْصَارِيُّ، قَالَ: أَخْبَرَنِي
مُحَمَّدُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ التَّيْمِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ عَلْقَمَةَ بْنَ
وَقَّاصٍ اللَّيْثِيَّ يَقُولُ سَمِعْتُ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ رَضِي اللَّه
عَنْهم عَلَى الْمِنْبَرِ قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ يَقُولُ: إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَ إِنَّمَا لِكُلِّ
امْرِئٍ مَا نَوَى، فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ
إِلَى دُنْيَا يُصِيبُهَا أَوْ إِلَى امْرَأَةٍ يَنْكِحُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى
مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ[4]
Telah
menceritakan kepada kami Al Humaidi, Abdullah bin az-Zubair, ia berkata; Telah
menceritakan kepada kami Sufyan, ia berkata; Telah menceritakan kepada kami
Yahya bin Sa’id Al Anshari, ia berkata; Telah memberitahukan kepadaku Muhammad
bin Ibrahim at-Taimi bahwasannya ia mendengar ‘Alqamah bin Waqqash Al Laitsi
berkata; Aku mendengar Umar bin Khaththab ra berkata di atas mimbar; Rasulullah
Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda; “Sesungguhnya semua perbuatan itu
disertai dengan niat, dan sesungguhnya setiap orang akan dibalas sesuai dengan
niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya (diniatkan) kepada dunia yang akan
diperolehnya, atau perempuan yang akan dinikahinya, maka hijrahnya (dibalas)
kepada apa yang ia niatkan.”
Contoh
hadis qauli Dalam bidang akhlak, diantaranya :
وَحَدَّثَنَا شَيْبَانُ بْنُ فَرُّوخَ
وَأَبُو الرَّبِيعِ قَالاَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَارِثِ عَنْ أَبِى التَّيَّاحِ
عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-
أَحْسَنَ النَّاسِ خُلُقًا.[5]
“Telah
menceritakan Syaiban bin Furukha dan Abu Rabi’ keduanya berkata, telah
bercerita kepada kami ‘Abdul Waris dari Abi Staya, dari Anas bin Malik. Ia
berkata : bahwasanya Rasulullah Saw itu merupakan manusia yang paling baik budi
pekertinya”
Yaitu
perbuatan Nabi Saw, sebagai penjelasan praktis terhadap pelaturan syari’at yang
belum jelas cara pelaksanaanya. Seperti cara menghadap arah kiblat shalat dalam
kendaraan yang sedang berjalan, maka dipraktekan oleh Nabi Saw dengan
perbuatanya didepan para shahabatnya[6].
عن جابر قال : كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يصلي على
راحلته حيث توجهت فإذا أراد الفريضة نزل فاستقبل القبلة[7]
Dari
Jabir ia berkata : Bahwasanya Rasulullah saw telah melaksanakan shalat di atas
kendaraan(dengan menghadap kiblat) menurut kendaraan itu menghadap. Apabila
biliau mau shalat fardhu, beliau turun sebentar terus menghadap kiblat.
Hadis
taqriri adalah berupa ketetapan Nabi saw dengan cara mendiamkan atau membiarkan
terhadap sesuatu yang dilakukan oleh para shahabatnya didepan nabi. Artinya
terhadap kejadian tersebut Nabi tidak melarangnya dan tidak menyuruhnya. Sikap
Nabi yang demikian itu dijadikan dasar oleh para sahabat sebagai hadis taqrir,
dan bisa dijadikan untuk menetapkan kepastian hukum syara’. Contoh hadis
taqriri (Ketetapan Nabi terhadap apa yang dilakukan oleh para Shahabatnya).
Diantaranya adalah :
Yaitu
yang termasuk sifat-sifat, keadaan dan
himmah Nabi Saw, yang dilukiskan oleh para shahabat atau ahli sejarah[8].
Contoh hadis tentang sifat atau keadaan Rasulullah Saw. Diantaranya :
حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ
بْنُ الْعَلاَءِ حَدَّثَنَا إِسْحَاقُ بْنُ مَنْصُورٍ عَنْ إِبْرَاهِيمَ بْنِ
يُوسُفَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِى إِسْحَاقَ قَالَ سَمِعْتُ الْبَرَاءَ يَقُولُ
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَحْسَنَ النَّاسِ وَجْهًا
وَأَحْسَنَهُمْ خَلْقًا لَيْسَ بِالطَّوِيلِ الذَّاهِبِ وَلاَ بِالْقَصِيرِ.[9]
Rasulullah
saw adalah sebaik-baik manusia mengenai paras mukanya dan bentuk tubuhnya,
beliau tidak terlalu tinggi dan juga tidak pendek.
C.
Klasifikasi Hadis Berdasarkan Sandaranya
الحديث مرفوع هو ما أضيف إلى النبى- صلى الله عليه وسلم - خاصة، من
قول أو فعل أو تقرير أو صفة[10]
Hadis
marfu adalah hadis yang disandarkan kepada Nabi Saw baik ucapan, perbuatan,
taqrir atau sifatnya.
Hadis
yang disandarkan kepada Shahabat disebut baik ucapan, perbuatan, taqrir.
Hadis
Maqtu adalah hadis yang disandarkan kepada Tabi’in dan generasi dibawahnya,
bail ucapan atau perbuatan.
D.
Pengertian Sunnah, Khabar
dan Atsar Dan Beberapa Istilah yang dipakai Dalam Ilmu Hadis
Di dalam kitab Mu’jamul Mushthalal Hadisiah karya
DR. Mahmud Thahan dan kawan-kawan, dijelaskan mengenai definisi sunnah, akhbar,
dan atsar[13],
yaitu :
اَلسُنَة لغة:
اَلطَرِيْقَةُ وَالسَيْرَةُ
اِصْطِلاَحاً :ما
أثر عن النبى- صلى الله عليه وسلم من قول، أو فعل، أو تقرير، أو صفة، أو خلقيةأو
سيرة، سواء كان قبل البعثة أو بعدها
Menurut
bahasa Sunnah Artinya : Jalan yang dilalui.
Sedangkan menurut istilah Sunnah adalah Segala yang diriwayatkan dari Nabi saw, baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, pengajaran, sifat, kelakuan, perjalanan hidup, baik sebelum Nabi di angkat menjadi Rasul atau sesudahnya.
Sedangkan menurut istilah Sunnah adalah Segala yang diriwayatkan dari Nabi saw, baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, pengajaran, sifat, kelakuan, perjalanan hidup, baik sebelum Nabi di angkat menjadi Rasul atau sesudahnya.
اَلْخَبَرْ : لُغَةً:
اَلْخَبَرْ : اَلنَبَأ، وَجَمْعُهُ أَخْبَارْ
اصطلاحاً: الخبر:
مُرَادِفْ لِلْحَدِيْثِ
Khabar
artinya Warta atau Berita. Bentuk jama’nya adalah Akhbar. Dan menurut
istilah Khabar adalah sama denga pengertian Hadis.
الأثر ألغة
: بقية الشئ، "والأثر-فى الأصل- العلامة والبقية والرواية")
باصطلاحاً: فيه قولان : هو مرادف للحديث: أى أن معناهما واحد، فيكون تعريفه بناء على ذلك كتعريف "الحديث"، وهو: "ما أضيف إلى النبى-- صلى الله عليه وسلم -- من قول، أو فعل، أو تقرير، أو صفة" هو مغاير للحديث: يعنى أن المراد بالأثر غير المراد بالحديث فيكون تعريف الأثر-على هذا القول- هو: "ما أضيف إلى الصحابة والتابعين من أقوال وأفعال"
باصطلاحاً: فيه قولان : هو مرادف للحديث: أى أن معناهما واحد، فيكون تعريفه بناء على ذلك كتعريف "الحديث"، وهو: "ما أضيف إلى النبى-- صلى الله عليه وسلم -- من قول، أو فعل، أو تقرير، أو صفة" هو مغاير للحديث: يعنى أن المراد بالأثر غير المراد بالحديث فيكون تعريف الأثر-على هذا القول- هو: "ما أضيف إلى الصحابة والتابعين من أقوال وأفعال"
Al-
Atsar secara bahasa adalah sisa dari sesuatu. Menurut istilah ada dua pendapat.
Pertama Atsar muradif atau sinonim dari kata hadis dan maknanya sama
seperti makna hadis. Kedua, Atsar adalah berbeda dengan hadis
yaitu segala sesuatu yang disandarkan kepada shahabat dan tabi’in, baik berupa
perbuatan ataupun perkataan.
السند
لغة: معتمد الإنسان .وفى المعجم الوسيط: (كل ما يستند إليه ويعتمد عليه من حائط وغيره،
وأسند الحديث إلى قائله: رفعه إليه ونسبه)
اصطلاحاً:
فيه أقوال ثلاثة، وهى :
- هو الإخبار عن طريق المتن
- أو هو حكاية
طريق المتن
Sanad
menurut bahasa adalah bermakna mu’tamad yaitu tempat bersandar manusia. Karena hadis itu
disandarkan kepada yang mengatakanya, dari segi derajat dan nasabnya. Kedudukan
sanad dalam hadis bagaikan nasab dari seseorang. Adapun menurut istilah ada
tiga pengertian sanad, yaitu :
-
Sanad adalah seseorang
yang menjadi jalan sampainya matan hadis.
-
Sanad adalah
rawi yang menjadi jalan sampainya matan hadis
-
Sanad adalah silsilah
rawi yang menjadi jalan sampainya matan hadis
الإسناد لغة : مصدر أسند يسند إسناداً،
بمعنى: اعتمد، قال: فى اللسان: "وقد سند إلى الشئ يسند سنوداً، وأستند وتساند
وأسند" أى بمعنى اعتمد عليه وقال أيضاً: "وأسند الحديث: رفعه، والإسناد
فى الحديث: رفعه إلى قائله" بلفظ
"رفع الحديث إلى قائله")
المعنى
الثانى: "سلسلة الرجال الموصلة للمتن" وهو بهذا المعنى مرادف للسند لأن
السند هو: "الإخبار عن طريق المتن
Isnad
merupakan bentuk masdar dari kata asnada – yusnidu – isnada
bermakna I’tamad artinya menyandarkan kepada sesuatu. Menurut istilah Isnad
silsilah rawi-rawi hadis yang menyampaikan kepada matan. Dalam pengertian
tersebut, maka Isnad muradif atau sinonim dengan Sanad, karena sama-sama
merupakan jalan yang menghubungkan rawi sampai ke matan hadis.
والمسند: اسم مفعول من "أسند"، بمعنى "أضاف" أو
نسب
والمسند من الحديث: ما أسند إلى قائله . اصطلاحاً: والمسند: كل
كتاب حديثى جمع فيه مرويات كل صحابى على حده، من غير النظر إلى الموضوع الذى يتعلق
به الحديث، مثل مسند الإمام أحمد)
Musnad
isim
maf’ul dari kata Asnada artinya menyandarkan atau membangsakan kepadanya. Menurut istilah
musnad adalah setiap kitab yang didalamnya terkumpul semua yang diriwayatkan
oleh para sahabat dalam batas tertentu, tidak termasuk hadis Maudhu yang biasa
dikaitkan dengan hadis. Contoh seperti
musnad Imam Ahmad. Dan Musnad dihubungkan atas
hadis yang sanadnya bersambung dan marfu’ kepada Rasulullah Saw.
المتن لغة:
ما صلب وارتفع من الأرض (القاموس: مادة "متن")
Matan
menurut bahasa adalah tanah yang keras dan naik ketas. Meurut istilah adalah
perkataan terakhir dari sanad.
[1] Ibnu Hajar, An Nukat ‘ala Ibni Ash Shalah,
Maktabah Syamilah, jilid 1 halaman 225.
[2] Muhammad Bin Shalih Al ‘Utsaimin, ‘Ilmu Mushthalahul Hadis. Maktabah
Syamilah, hal. 2.
[3] Drs. Fathur Rahman, Ikhtisar Musthahul Hadis. Cet. 1. (Bandung
: PT. Alma’arif, 1974), hal. 20.
[4] Imam Bukhary, Shahih
Bukhary. Kitab Al Iman, bab Ma jaa
annal ‘amala biniyati hasanati walikulim riim Manawa. Maktabah Syamilah, hadis
No. 54. Imam Muslim, Kitab Al Imarah, Bab
Qauli Nabiyi saw. Innamal ‘amalu binniyai, Hadis No. 5036. Abu Daud,
Sunan Abu Daud, Kitab Ath Thalaq, bab fima’anny bihi aththalaqu wa niyatu,
hadis no. 2203. Imam Turmudzi, Sunan Turmudzi, Kitab Fadha-Ilul
Jihad, bab fiman yuqatilu riyau wa lidunnya, hadis no. 1647. Imam Nasai, Sunan Nasai al Kubra,
Kitab Thaharah bab An Niyatu fil wudhu, hadis no. 78. Ibnu Majah. Sunan
Ibnu Majah, Kitab Al Zuhud bab An Niyat, hadis no. 4227.
[5] Imam Muslim, Shahih Muslim, Kitab Al Fadhail, bab kana annasu
ahsanan khalka. Hadis No. 6157
[6] Drs. Fathur Rahman, Ikhtisar Musthahul Hadis. ibid, hal. 22.
[7] Imam Bukhary, Shahih Bukhary. Kitab Ash Shalah, bab At Tawajahu nahwu al qiblati haitsu
kana. Maktabah Syamilah, hadis No.
391
[8] Drs. Fathur Rahman, Ikhtisar Musthahul Hadis. ibid, hal. 25.
[9] Imam Muslim, Shahih Muslim, Kitab Al Fadhail, bab Fisifati
Nabiyi wa annasu ahsanan nasa wajhan. Hadis No. 6212.
[10] DR. Mahmud Thahan, Mu’jam al Mushthalahul Hadis, maktabah
Syamilah hal. 37
[11] DR. Mahmud Thahan, Mu’jam al Mushthalahul Hadis, ibid,
hal. 47
[12] Az Zahidy, Al fushul Fi Mushthalahi Haditsi ar Rasul. Maktabah
Syamilah, hlm. 4.
[13] DR. Mahmud Thahan, Mu’jam al Mushthalahul Hadis, ibid,
hal. 4-6
[14] Muhammad Bin Shalih Al ‘Utsaimin, ‘Ilmu Mushthalahul Hadis. Maktabah
Syamilah, hal. 23
[15] DR. Mahmud Thahan, Taisir Mushthalahul Hadis, maktabah
Syamilah hal. 38
0 Response to "Pengertian Hadis"
Posting Komentar