Pengembangan Keilmuan

DESKRIPSI DIRI
Komponen                 : Pengembangan Keilmuan
Pernyataan Dosen     :
B.6      Penelitian merupakan salah satu komponen dalam tridarma perguruan tinggi, setiap Dosen senantiasa dituntut  melakukan penelitian sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Sebagai Dosen Filsafat Pendidikan Islam, beberapa hasil penelitian yang pernah saya lakukan diantaranya adalah :

1.        DISKURSUS ILMU KALAM DI DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Ilmu Pendidikan AR-RABWAH. Vol. V. No. 1 Mei 2012. ISSN : 2252-7672.
2.        NILAI DAN ETIKA DALAM PENDIDIKAN. (Analisis Terhadap Al-Qur’an Surat Lukman Ayat : 12-19). Jurnal Ilmu Pendidikan AR-RABWAH. Vol. VIII. No. 2 November 2013. ISSN : 2252-7672.
3.        PENGARUH KEBIJAKAN PENGANGKATAN GURU TENAGA KONTRAK KERJA DAERAH (TK2D) TERHADAP PENINGKATKAN PROPESIONALISME GURU DAN MUTU SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) DI KECAMATAN SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR TAHUN 2013. Penelitian Kompetitip Dana Hibah Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAI Sangatta Tahun 2013.
4.        STUDI PENDIDIKAN KARAKTER (Kajian Filosofis al-Qur’an Surat al Furqan ayat 63-77). Penelitian Kompetitip Dana Hibah Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAI Sangatta Tahun 2014.


B.7      Makna dan kegunaannya dari beberapa penelitian sederhana yang saya lakukan, adalah : DISKURSUS ILMU KALAM DI DUNIA PENDIDIKAN. Bagi masyarakat umum yang membacanya, minimal mereka memiliki khazanah dan wawasan berfikir kearah yang lebih modarat dan lebih arif dalam mensikapi berbagai perbedaan pemikiran dikalangan umat Islam. Sehingga umat Islam tidak terjebak dalam pemikiran yang sempit, menjadi fanatik dan intoleransi, yang samapai sekarang masih menjadi berita hangat di berbagai media.
            NILAI DAN ETIKA DALAM PENDIDIKAN. Minimal dijadikan model dalam mendidik anak sebagai generasi penerus, bahwa Luqman merupakan potret orang tua yang bijaksana, mendidik anaknya sesuai dengan kehendak yang memberi anak, dan ini sangat bermakna bagi para orang tua.
            PENGARUH KEBIJAKAN PENGANGKATAN GURU TENAGA KONTRAK KERJA DAERAH (TK2D) TERHADAP PENINGKATKAN PROPESIONALISME GURU DAN MUTU SISWA PADA SDN SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR TAHUN 2013.
            STUDI PENDIDIKAN KARAKTER.
Bagi orang tua. seyogyanya menyadari akan besarnya tanggung jawab mereka terhadap pengajaran dan pendidikan anak-anak mereka. Pendidikan tidaklah sekedar proses internalisasi ilmu pada diri anak, akan tetapi menjadikan anak cerdas dalam berfikir, pandai dalam membawa diri dan mampu dalam menjaga harkat dan martabatnya.          Bagi masyarakat. Masyarakat sebagai medan dan lingkungan untuk menerapkan apa yang telah dipelajari, dan ladang dalam menerapkan teori yang telah ada. Maka masyarakat hendaknya mendorong dan menciptakan suasana yang kondusif bagi anak didik sehingga ia mampu mengembangkan diri dengan karakternya yang baik.
Bagi lembaga pendidikan Lembaga pendidikan seyogyanya menjadikan konsep Ibad al-Rahman yang menjadi kajian dalam penelitian ini sebagai salah satu model dan materi yang harus dikuasai dan dipelajari serta diamalkan dalam setiap kehidupan anak didik. Dengan selalu bekerja sama dengan orang tua dalam memberikan pembinaan, acuan, dan bimbingan terhadap anak, maka diharapkan akan mampu untuk mewujudkan anak didik yang handal dalam berbagai ranah pendidikan.


B.8      Dalam setiap karya dan kegiatan yang dihasilkan dan diikuti oleh seorang dosen harus bisa dimaknai sebagai usaha yang inovatif. Artinya apapun karya dan kegiatan para dosen diharapkan dapat memberikan perspektif baru atau menawarkan perubahan positif  khususnya bagi pengembangan keilmuan. Penelitian mengenai Studi Pendidikan Karakter yang saya lakukan. Dari sekian banyak konsep tentang pendidikan karakter, al-Qur’an harus diyakini dapat menjadi basis dalam pendidikan karakter. Hal itu disebabkan karena al-Qur’an memang diturunkan oleh Allah swt. sebagai petunjuk bagi umat manusia, agar dapat menjadi manusia yang berkhlak mulia sebagaimana akhlak Rasulullah saw. Pendidikan karakter dalam Al-Qur’an pada dasarnya dibangun melalui tiga dimensi, yaitu dimensi akhlak pada Sang Pencipta, akhlak pada diri sendiri, dan akhlak pada sesama manusia dan lingkungan. Atau mengenai Nilai dan Etika dalam Pendidikan kajian terhadap penggalan al-Qur’an surat Luqman bisa dijadikan model oleh para orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Sejalan  dengan teori tentang Nilai. Teori nilai ini dikaitkan dengan kegunaan dari pegetahuan yang diperoleh. Hal-hal yang dipermasalahkan adalah moral dalam melahirkan etika, membahas mengenai hal yang baik dan yang lebih baik sebagai landasan filsafat ilmunya. (Aksiologi).

B.9      Konsistensi
            Sebagai seorang dosen saya di tuntut untuk mengamalkan tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Ketiga fungsi tersebut saya laksanakan  sebagai bentuk komitmen dan konsistensi dengan cara melaksanakan Pendidikan dan pengajaran dari mulai : Membuat silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Mempersiapkan materi perkuliahan, merancang dan membuat bahan ajar. Membagikan pengalaman dan contoh nyata dalam bidang ilmu yang di ajarkan, memberikan solusi dan jawaban atas segala pertanyaan yang diberikan sesuai dengan bidang ilmu yang diajarkan, dan memberikan bimbingan terhadap mahasiswa untuk mengembangkan bidang ilmu yang diajarkan. Memberikan kontribusi dengan melakukan penelitian, dimana  penelitian tersebut menjunjung tinggi kedua dharma yang lain. Karena penelitian diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang dikembangkan sebagi hasil pendidikan dan penelitian itu diterapkan melalui Pengabdian pada masyarakat sehingga masyarakat merasakan manfaatnya. Inilah bentuk konsistensi saya dengan menekankan prioritas untuk memenuhi standar minimal pengembangan keilmuan atau keahlian sebagai dosen di Perguruan Tinggi Agama Islam Sangatta (STAIS).

B.10    Target itu seperti tujuan perjalanan kita. Untuk mencapai tujuan semua daya dan upaya kita dicurahkannya. Salah satu kepuasan kerja adalah ketika apa yang ditargetkan dapat tercapai. Dan  target kerja saya sebagai seorang dosen yaitu terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi.  Saya berupaya agar semua komponen Tri Dharma di Perguruan Tinggi tempat saya mengabdi, seperti pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat semaksimal mungkin bisa dilaksanakan. Sebagaimana dipaparkan di atas, umpamanya ditulisan jurnal dengan judul : DISKURSUS ILMU KALAM DALAM PENDIDIKAN, dari sisi epstimologinya, bagaimana keaslian, pengertian, struktur, metode dan validitasi tentang ilmu kalam. Targetnya mengetahui sejauhmana keabsahan dari disiplin ilmu kalam. Atau judul penelitian : PENGARUH KEBIJAKAN PENGANGKATAN GURU TENAGA KONTRAK KERJA DAERAH (TK2D) TERHADAP PENINGKATKAN PROPESIONALISME GURU DAN MUTU SISWA DI SDN KECAMATAN SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR TAHUN 2013. Dipandang sebagai solusi yang baik untuk mengatasi kekurangan guru di Kabupaten Kutai Timur. STUDI PENDIDIKAN KARAKTER. Ditemukan dalam al-Qur’an istilah yang komperhensif  tentang pendidikan karakter yaitu konsep Ibadu ar Rahman. mencetak anak didik cerdas dalam berfikir, pandai dalam membawa diri dan mampu dalam menjaga harkat dan martabatnya sesuai dengan al-Qur’an.  
           

           


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengembangan Keilmuan"

Posting Komentar