DESKRIPSI DIRI
Komponen : Pengembangan Keilmuan
Pernyataan
Dosen :
B.6 Penelitian
merupakan salah satu komponen dalam tridarma perguruan tinggi, setiap Dosen
senantiasa dituntut melakukan penelitian
sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Sebagai Dosen Filsafat
Pendidikan Islam, beberapa hasil penelitian yang pernah saya lakukan
diantaranya adalah :
1.
DISKURSUS
ILMU KALAM DI DUNIA PENDIDIKAN. Jurnal Ilmu
Pendidikan AR-RABWAH. Vol. V. No. 1 Mei 2012.
ISSN : 2252-7672.
2.
NILAI
DAN ETIKA DALAM PENDIDIKAN. (Analisis Terhadap Al-Qur’an Surat Lukman Ayat :
12-19). Jurnal Ilmu Pendidikan AR-RABWAH. Vol. VIII. No. 2 November 2013. ISSN
: 2252-7672.
3.
PENGARUH
KEBIJAKAN PENGANGKATAN GURU TENAGA KONTRAK KERJA DAERAH (TK2D) TERHADAP PENINGKATKAN
PROPESIONALISME GURU DAN MUTU SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) DI KECAMATAN SANGATTA
UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR TAHUN 2013. Penelitian Kompetitip Dana Hibah Pusat
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAI Sangatta Tahun 2013.
4.
STUDI
PENDIDIKAN KARAKTER (Kajian Filosofis al-Qur’an Surat al Furqan ayat 63-77).
Penelitian Kompetitip Dana Hibah Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M)
STAI Sangatta Tahun 2014.
B.7 Makna
dan kegunaannya dari beberapa penelitian sederhana yang saya lakukan, adalah : DISKURSUS
ILMU KALAM DI DUNIA PENDIDIKAN. Bagi
masyarakat umum yang membacanya, minimal mereka memiliki khazanah dan wawasan
berfikir kearah yang lebih modarat dan lebih arif dalam mensikapi berbagai perbedaan
pemikiran dikalangan umat Islam. Sehingga umat Islam tidak terjebak dalam
pemikiran yang sempit, menjadi fanatik dan intoleransi, yang samapai sekarang
masih menjadi berita hangat di berbagai media.
NILAI
DAN ETIKA DALAM PENDIDIKAN. Minimal dijadikan model dalam mendidik anak sebagai
generasi penerus, bahwa Luqman merupakan potret orang tua yang bijaksana,
mendidik anaknya sesuai dengan kehendak yang memberi anak, dan ini sangat
bermakna bagi para orang tua.
PENGARUH
KEBIJAKAN PENGANGKATAN GURU TENAGA KONTRAK KERJA DAERAH (TK2D) TERHADAP PENINGKATKAN
PROPESIONALISME GURU DAN MUTU SISWA PADA SDN SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR
TAHUN 2013.
STUDI
PENDIDIKAN KARAKTER.
Bagi
orang tua. seyogyanya
menyadari akan besarnya tanggung jawab mereka terhadap pengajaran dan
pendidikan anak-anak mereka. Pendidikan tidaklah sekedar proses internalisasi
ilmu pada diri anak, akan tetapi menjadikan anak cerdas dalam berfikir,
pandai dalam membawa diri dan mampu dalam menjaga harkat dan martabatnya. Bagi masyarakat. Masyarakat
sebagai medan dan lingkungan untuk menerapkan apa yang telah dipelajari, dan
ladang dalam menerapkan teori yang telah ada. Maka masyarakat hendaknya
mendorong dan menciptakan suasana yang kondusif bagi anak didik sehingga ia
mampu mengembangkan diri dengan karakternya yang baik.
Bagi
lembaga pendidikan Lembaga pendidikan seyogyanya menjadikan konsep Ibad al-Rahman yang
menjadi kajian dalam penelitian ini sebagai salah satu model dan materi
yang harus dikuasai dan dipelajari serta diamalkan dalam setiap kehidupan anak
didik. Dengan selalu bekerja sama dengan orang tua dalam memberikan pembinaan,
acuan, dan bimbingan terhadap anak, maka diharapkan akan mampu untuk mewujudkan
anak didik yang handal dalam berbagai ranah pendidikan.
B.8 Dalam setiap karya
dan kegiatan yang dihasilkan dan diikuti oleh seorang dosen harus bisa dimaknai
sebagai usaha yang inovatif. Artinya apapun karya dan kegiatan para dosen diharapkan
dapat memberikan perspektif baru atau menawarkan perubahan positif khususnya bagi pengembangan keilmuan. Penelitian
mengenai Studi Pendidikan Karakter yang saya lakukan. Dari sekian banyak konsep
tentang pendidikan karakter, al-Qur’an harus diyakini dapat menjadi basis dalam
pendidikan karakter. Hal itu disebabkan karena al-Qur’an memang diturunkan oleh
Allah swt. sebagai petunjuk bagi umat manusia, agar dapat menjadi manusia yang
berkhlak mulia sebagaimana akhlak Rasulullah saw. Pendidikan karakter dalam
Al-Qur’an pada dasarnya dibangun melalui tiga dimensi, yaitu dimensi akhlak
pada Sang Pencipta, akhlak pada diri sendiri, dan akhlak pada sesama manusia
dan lingkungan. Atau mengenai Nilai dan Etika dalam Pendidikan kajian terhadap
penggalan al-Qur’an surat Luqman bisa dijadikan model oleh para orang tua dalam
mendidik anak-anaknya. Sejalan dengan teori
tentang Nilai. Teori nilai ini dikaitkan dengan kegunaan dari pegetahuan yang
diperoleh. Hal-hal yang dipermasalahkan adalah moral dalam melahirkan etika,
membahas mengenai hal yang baik dan yang lebih baik sebagai landasan filsafat
ilmunya. (Aksiologi).
B.9 Konsistensi
Sebagai seorang
dosen saya di tuntut untuk mengamalkan tri dharma perguruan tinggi yaitu
pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Ketiga
fungsi tersebut saya laksanakan sebagai
bentuk komitmen dan konsistensi dengan cara melaksanakan Pendidikan dan
pengajaran dari mulai : Membuat silabus dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP). Mempersiapkan materi perkuliahan, merancang dan membuat bahan ajar. Membagikan
pengalaman dan contoh nyata dalam bidang ilmu yang di ajarkan, memberikan solusi
dan jawaban atas segala pertanyaan yang diberikan sesuai dengan bidang ilmu
yang diajarkan, dan memberikan bimbingan terhadap mahasiswa untuk mengembangkan
bidang ilmu yang diajarkan. Memberikan kontribusi dengan melakukan
penelitian, dimana penelitian tersebut
menjunjung tinggi kedua dharma yang lain. Karena penelitian
diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan yang
dikembangkan sebagi hasil pendidikan dan penelitian itu diterapkan melalui
Pengabdian pada masyarakat sehingga masyarakat merasakan manfaatnya. Inilah
bentuk konsistensi saya dengan menekankan prioritas untuk memenuhi standar
minimal pengembangan keilmuan atau keahlian sebagai dosen di Perguruan Tinggi
Agama Islam Sangatta (STAIS).
B.10 Target itu seperti
tujuan perjalanan kita. Untuk mencapai tujuan semua daya dan upaya kita
dicurahkannya. Salah satu kepuasan kerja adalah ketika apa yang ditargetkan
dapat tercapai. Dan target kerja saya
sebagai seorang dosen yaitu terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi. Saya berupaya agar semua komponen Tri Dharma
di Perguruan Tinggi tempat saya mengabdi, seperti pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat semaksimal mungkin bisa
dilaksanakan. Sebagaimana dipaparkan di atas, umpamanya ditulisan jurnal dengan
judul : DISKURSUS ILMU KALAM DALAM PENDIDIKAN, dari sisi epstimologinya,
bagaimana keaslian, pengertian, struktur, metode dan validitasi tentang ilmu
kalam. Targetnya mengetahui sejauhmana keabsahan dari disiplin ilmu kalam. Atau
judul penelitian : PENGARUH KEBIJAKAN PENGANGKATAN GURU TENAGA KONTRAK KERJA
DAERAH (TK2D) TERHADAP PENINGKATKAN PROPESIONALISME GURU DAN MUTU SISWA DI SDN
KECAMATAN SANGATTA UTARA KABUPATEN KUTAI TIMUR TAHUN 2013. Dipandang sebagai
solusi yang baik untuk mengatasi kekurangan guru di Kabupaten Kutai Timur.
STUDI PENDIDIKAN KARAKTER. Ditemukan
dalam al-Qur’an istilah yang komperhensif
tentang pendidikan karakter yaitu konsep Ibadu ar Rahman. mencetak anak
didik cerdas dalam berfikir, pandai dalam membawa diri dan mampu dalam menjaga
harkat dan martabatnya sesuai dengan al-Qur’an.
0 Response to "Pengembangan Keilmuan"
Posting Komentar